SELAMAT DATANG DI BLOG BAPAK ASMURANSYAH SEMOGA BERMANFAAT SEMOGA TETAP SEMANGAT SALAM JIWA KORSA KOMANDO

Senin, 30 September 2013

MEMBUKA KUNCI SUKSES BERANI BERMIMPI


“Manusia paling penakut adalah mereka yang tidak berani bermimpi.”
Sebuah kalimat bijak yang jika kita renungkan dalam juga maknanya. Ada dua hal besar yang terkandung dalam kalimat tersebut,  pertama tentang mimpi. Setiap orang harus punya impian. Beranilah  bermimpi, karena sekedar mimpi saja tidak dibutuhkan modal apapun, dan tidak ada risiko. Mudah sekali untuk bermimpi, semudah membalikkan telapak tangan. Tapi kenapa masih banyak orang takut bermimpi?
Jawabannya ada pada makna kedua dari kalimat tersebut, yakni keberanian. Manusia harus berani bermimpi sebelum punya keberanian dalam bertindak. Tanpa keberanian, tidak akan ada impian dan akibatnya tidak akan ada tindakan apapun. Kalimat bijak itu dengan sangat pas menggambarkan orang yang paling tidak berani adalah yang takut bermimpi
Kadang dalam hidup ini ada saja hal yang membuat kita kehilangan semangat atau merasa bosan dan jenuh. Hal ini sangatlah wajar, karena bagaimanapun semua orang pasti pernah mengalaminya. Demikian juga dengan para pengusaha yang telah sukses, tetapi mereka selalu bisa semangat untuk bangkit dan sukses lagi. Mengutip dari seorang pengusaha dunia yang terkenal Donald Trump, “Sometimes by losing a battle, you will find a new way to win the war”, yang artinya kadang-kadang dengan kekalahan dalam suatu pertempuran, Anda akan menemukan suatu cara baru untuk memenangkan peperangan. Hal ini bisa berarti bahwa kadang Anda mendapatkan kerugian dalam suatu usaha, tetapi dengan kerugian tersebut justru Anda akan menemukan suatu cara untuk mendapatkan keuntungan kembali. Anda pasti tidak ingin mendapatkan kerugian terus,bukan? Untuk itu dibutuhkan kunci kesuksesan supaya Anda akan bangkit dari keterpurukan. Berikut merupakan kunci kesuksesan untuk Anda :
Fokus pada tujuan akhir
Apa yang ingin Anda raih? Fokuslah pada hal hasil dan jangan pernah Anda mengurangi usaha untuk meraih tujuan Anda. Tetap buka mata dan lihat lebih jelas pada apa yang ingin dicapai. Semakin kuat keinginan, maka Anda akan semakin fokus.
Tetap berusaha dan mencoba walaupun telah gagal ribuan kali
Banyak orang mengatakan bahwa kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Hal ini memang benar bagi orang yang terus berusaha walaupun telah gagal. Jadi tetaplah berusaha dan bersemangat untuk meraih kesuksesan. Jangan sampai kegagalan membuat Anda justru berhenti dan menyerah.
Kegagalan dijadikan sebagai pembelajaran
Apa yang ada dalam pikiran Anda tentang Albert Einstein? Seorang yang sangat jenius. Tapi tahukah Anda bahwa sebelum sukses, justru Einstein seringkali mengalami kegagalan. Dapat Anda bayangkan apabila seorang Einstein justru menyerah ketika menemukan kegagalan, maka setiap malam akan selalu gelap karena tidak ada listrik dan lampu.
Keinginan untuk menciptakan hal yang baru
Apabila setiap hari Anda hanya makan daging saja, pasti Anda akan merasa bosan. Demikian juga setiap orang pasti akan bosan apabila menghadapi hal yang sama terus-terusan. Untuk itulah, harus ada terobosan baru supaya orang-orang tidak akan merasa bosan. Misalnya apabila Anda mempunyai usaha restoran, usahakan selalu ada menu baru setiap minggunya. 

Semakin sering ada menu baru, maka para pelanggan juga akan merasa penasaran dan ingin mencicipi menu baru Anda.
Asah terus keahlian Anda
Kemampuan setiap orang berbeda-beda, ada yang pintar mendesign baju dan ada juga yang pintar membuat kue. Tidak masalah apapun keahlian Anda, yang pasti Anda harus selalu mengasah keahlian tersebut. Semakin Anda ahli, maka akan semakin banyak orang yang akan membutuhkan keahlian Anda tersebut.
Jangan pernah menyerah
Ya, jangan pernah menyerah! Menyerah bisa diartikan sebagai suatu kekalahan. Apabila Anda kalah, maka Anda tidak akan mendapatkan apapun. Jadi tetap bangkit apabila terjatuh. Anda jatuh sekali, maka Anda harus bangkit dua kali. Masalah pasti selalu ada dalam kehidupan, tetapi jangan malah membuat Anda menyerah. Justru masalah haruslah dijadikan sebagai sebuah tantangan. Anda harus yakin dan percaya bahwa Anda akan selalu bisa menyelesaikan semua tantangan tersebut dan menjadi seorang juara!
Demikianlah kunci kesuksesan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kesuksesan merupakan dambaan setiap orang, tetapi hasil akhirnya ditentukan pada usaha, doa dan kerja keras masing-masing.
Tentu saja, keberanian saja tidak cukup. Kita juga perlu memperhitungkan hal hal lainnya. Keberanian tanpa perhitungan, ibarat seorang tentara terjun ke medan perang, tapi dengan senjata tidak dilengkapi dengan peluru, atau memiliki busur tanpa anak panah Dalam menekankan pentingnya impian dan keberanian untuk mewujudkannya. Memang selalu menjadi diskusi panjang ketika ada orang yang mengatakan, “Berani sih gampang, tapi setelah itu bagaimana?” Atau ada juga yang berkomentar, “Ah kalau berani gitu doang sih saya juga bisa.”
Keberanian dianggap sebagai hal yang biasa karena dianggap ada banyak faktor yang mendukung sehingga menjadi berani. Padahal biasanya faktor pendukung memang biasanya tidak ada pada awalnya tetapi faktor pendukung biasanya muncul setelah setelah sikap berani itu dilakukan.
sangat berani mengambil keputusan tersebut? Banyak sekali faktor yang berpengaruh, tetapi terutama karena kekuatan sebuah impian yang besar, seperti pepatah mengatakan, “If the Dream Big Enough, the facts don’t count”, saat anda memiliki impian yang cukup besar, maka tantangan yang ada dihadapi dengan jauh lebih mudah.
Keberanian memang bisa muncul dari mana saja. Bisa karena impian yang besar atau mungkin juga karena karakter Anda yang memang pemberani atau bisa saja karena situasi lingkungan dan lain sebagainya.
Jika sekarang Anda belum cukup berani untuk bertindak lebih jauh, khususnya dalam Ingat, seperti kalimat bijak di atas tadi, orang paling penakut adalah yang tidak berani bermimpi. Jika diibaratkan ke investasi properti, maka orang paling penakut adalah yang tidak berani memiliki impian untuk memiliki properti sebagai instrumen investasi terbaik.  So, the question is, HOW BIG IS YOUR DREAM?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar